Headlines

Sejarah Singkat Bekasi

Sejarah Bekasi
Siaranbekasi.com – Bekasi adalah salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Berikut ini adalah sejarah singkat mengenai Bekasi:

Pada masa pra-sejarah, Bekasi dihuni oleh suku-suku yang termasuk ke dalam kelompok Proto Melayu. Pada masa Kerajaan Tarumanegara, Bekasi masuk dalam wilayah kekuasaan Kerajaan tersebut.

Pada masa Kerajaan Sunda, Bekasi menjadi bagian dari wilayah kekuasaan kerajaan tersebut. Pada masa itu, Bekasi merupakan pusat perdagangan dan pemukiman yang strategis karena letaknya di jalur perdagangan antara Sunda dan Jawa.

Pada masa penjajahan Belanda, Bekasi menjadi wilayah yang penting karena menjadi jalur transportasi antara Batavia (sekarang Jakarta) dan Bandung. Pada masa itu, Bekasi juga menjadi pusat industri yang berkembang pesat.

Setelah Indonesia merdeka, Bekasi menjadi bagian dari Kabupaten Bogor. Pada tanggal 24 April 1990, Bekasi resmi menjadi kota otonom.

Sejak tahun 2000-an, Bekasi mengalami perkembangan pesat sebagai kota industri dan pemukiman. Banyak perusahaan-perusahaan besar berinvestasi di Bekasi karena infrastruktur yang lengkap dan lokasinya yang strategis.

Demikianlah sejarah singkat Bekasi. Perkembangan kota ini terus berlangsung hingga saat ini.

Penulis/Editor: Uje

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *